Monday, March 3, 2014

Workshop Music Teknologi

Narasumber Dosen Music Design M-Audio dan Ahmad Dhani School of Rock
Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat termasuk dunia pendidikan musik pada khususnya. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditunjang dengan harga terjangkau membuat industri ini berkembang dengan pesat, sehingga membuka peluang-peluang usaha baru dalam industri musik.

Dalam rangka memberikan gambaran perkembangan teknologi dan peluang usaha dibidang multimedia khususnya musik, maka pada hari Selasa dan Rabu, 4 dan 5 Maret 2014  di Ruang Sidang Atas SMKN 7 Semarang diadakan Workshop Music Teknologi  yang diberikan oleh Ahmad Dhani School of Rock Purnomo Music School bagi siswa-siswi SMKN 7 Semarang khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video dan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Bagi siswa peminat diluar kedua Kompetensi Keahlian Tersebut diijinkan juga untuk mengikuti Workshop. 

Pembicara dalam Workshop adalah dosen Sound Design dari M-Audio Indonesia yang memperkenalkan Teknologi Audio, Sound Design, serta Product Knowledge di bidang Sound Design.

Peserta  siswa TKJ dan TAV Stemba serius  mengikuti Workshop

Komputer musik mempunyai arti sebagai sarana untuk membuat musik dengan teknologi digital yang memudahkan dalam komposer dan lain-lain. Yang dapat dilakukan dalam pekerjaan musik dengan komputer musik yaitu komposer, sound enginer, song writer, arranger, musik ilustrator, musik jingle dan musik director. Banyak hal yang perlu dipersiapkan yaitu
1.       Instrument dan Mic
2.       Sound card M-AUDIO
3.       Monitor Speaker
4.       Keyboard Controller
5.       Software Protools

Sesi  praktik Music Design
       Siswa-siswi sangat antusias mengikuti workshop ini, mencoba menggunakan keyboard controlleer dan lain-lain. Narasumber juga mempraktekkan bagaimana cara  menggunakan software Protools. Dengan software Protools pekerjaan membuat musik menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan alat-alat musik lagi sehingga lebih simple dan efisien.
Cara menggunakan software Protools pun juga tidak begitu sulit.  Asal sering berlatih, pasti akan mudah menggunakannya. Tak hanya ada keyboard, gitar, biola, dan drum juga bisa dimainkan asalkan ada software Protools dan Keyboard Controller. 

1 comments:

Post a Comment